Tuesday, September 25, 2018

RUMUS DASAR MICROSOFT EXCEL


MICROSOFT OFFICE EXCEL sudah tidak asing lagi sebagai program aplikasi lembar kerja dimana sudah banyak yang menggunakannya.
Namun ternyata, banyak sekali rumus-rumus Excel yang bisa memudahkan kita dalam pengoprasian Excel. Dengan rumus-rumus Excel, kita bisa mempercepat pekerjaan tanpa harus menggunakan sistem manual lagi.

Berikut beberapa rumus-rumus dasar yang perlu kita ketahui.
Baiklah langsung saja kita bahas rumus-rumus dasar berikut ini

  • SUM
SUM merupakan rumus penjumlahan yang biasa digunakan dalam Excel. Untuk cara penggunaannya silahkan klik 👉 Rumus Penjumlahan.

  • AVERANGE
AVERANGE merupakan rumus pencarian rata-rata yang biasa digunakan dalam Excel. Untuk cara penggunaannya silahkan klik 👉 Rumus Rata-rata.

  • MAX
MAX merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada beberapa angka atau kumpulan data. Misalkan kita ingin mencari nilai tertinggi pada kolom B2 sampai B6 maka rumus yang digunakan adalah :
=MAX(B2:B6)
Perhatikan gambar dibawah ini!


  • MIN
MIN merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai terendah pada beberapa angka atau kumpulan data. Misalkan kita ingin mencari nilai terendah pada kolom B2 sampai B6 maka rumus yang digunakan adalah :
=MIN(B2:B6)
Perhatikan gambar dibawah ini!



  • COUNT
Rumus COUNT digunakan untuk menghitung jumlah angka dalam suatu range, baris maupun kolom. COUNT hanya digunakan untuk menghitung jumlah angka yang terisi pada range, baris maupun kolom,. Jadi selain karakter angka tidak akan terhitung/terdeteksi oleh rumus COUNT.
Misalkan kita ingin mengetahui jumlah kolom yang terisi angka pada kolom B2 sampai E7 maka rumus yang digunakan adalah :
=COUNT(B2:E7)
Perhatikan gambar dibawah ini!



  • LOGIKA IF
LOGIKA IF digunakan untuk membuat suatu perbandingan logis antara nilai dan perkiraan yang diharapkan. Fungsi IF excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu kemudian menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.

TRUE  : Benar/Kondisi terpenuhi
FALSE : Salah/Kondisi tidak terpenuhi

Fungsi IF biasanya menggunakan operator perbandingan berikut :
=  : Sama Dengan
>  : Lebih Besar Dari
<  : Lebih Kecil Dari
<>: Tidak Sama Dengan
>=: Lebih Besar atau Sama Dengan
<=: Lebih Kecil atau Sama Dengan

Misalkan kita ingin mengetahui hasil kelulusan dari data nilai yang sudah ada, maka kita menggunakan salah satu operator perbandingan yang telah di sebutkan diatas dan rumus yang digunakan adalah :
=IF(Logical_Test;Value_If_True;Value_If_False)

Catatan : Jika pada penulisan formula terdapat data teks maka gunakan tanda kutip dua ("_")
Perhatikan gambar dibawah ini!

Penjelasan gambar diatas☝ yaitu :
[ Apabila Nilai lebih besar atau sama dengan 60 maka Lulus. Dan apabila tidak lebih besar atau tidak sama dengan 60 maka Tidak Lulus].

Baik itulah rumus dasar Excel yang perlu kita ketahui, mudah-mudahan bermanfaat.
Terus belajar....Tetap Semangat.......😎😎😎

4 comments: