Wednesday, September 18, 2019

FUNGSI LEFT, MID DAN RIGHT PADA MICROSOFT EXCEL


Fungsi LEFT, MID dan RIGHT pada Microsoft Excel merupakan fungsi teks yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter string/teks dari sebuah sel tertentu. Untuk lebih lanjut perhatikan pembahasan dibawah ini.

A. FUNGSI LEFT
Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kiri yang berisi string/teks pada suatu sel tertentu. Sebagai contoh kita akan mengambil 7 karakter teks “Belajar Microsoft Office” yang terdapat pada sel D3 dimulai dari sebelah kiri.
Penulisan rumusnya sebagai berikut:
=LEFT(D3,7) lalu tekan ENTER
Maka hasil karakter string/teks dari rumus LEFT diatas adalah B, E, L, A, J, A, R dan terbentuk dalam sebuah kata “Belajar”.
Perhatikan gambar dibawah ini!

B. FUNGSI MID
Fungsi MID digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari bagian tengah yang berisi string/teks pada suatu sel tertentu. Sebagai contoh kita akan mengambil 9 karakter teks “Belajar Microsoft Office” yang terdapat pada sel D3 dimulai dari bagian tengah.
Penulisan rumusnya sebagai berikut:
=MID(D3,9,9) lalu tekan ENTER
Maka hasil karakter string/teks dari rumus MID diatas adalah M, I, C, R, O, S, O, F, T dan terbentuk dalam sebuah kata “Microsoft”.
Perhatikan gambar dibawah ini!

C. FUNGSI RIGHT
Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan yang berisi string/teks pada suatu sel tertentu. Sebagai contoh kita akan mengambil 6 karakter teks “Belajar Microsoft Office” yang terdapat pada sel D3 dimulai dari sebelah kanan.
Penulisan rumusnya sebagai berikut:
=RIGHT(D3,6) lalu tekan ENTER
Maka hasil karakter string/teks dari rumus RIGHT diatas adalah O, F, F, I, C, E dan terbentuk dalam sebuah kata “Office”.
Perhatikan gambar dibawah ini!


Demikian penjelasan dari fungsi LEFT, MID dan RIGHT mudah-mudahan bermanfaat.
Tetap semangat dan selamat mencoba…..

0 comments:

Post a Comment