Friday, September 7, 2018

Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian dan Mencari Rata-Rata Pada Excel


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara menggunakan rumus penjumlahan, pengurangan pembagian, perkalian dan mencari rata-rata pada Microsoft Excel. Tidak usah panjang lebar, mari kita pelajari penggunaannya dibawah ini.

Rumus Penjumlahan 

Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan fungsi SUM.

  • Penjumlahan menggunakan operator plus (+)
Menggunakan operator plus (+) ini sangat mudah, sama seperti ketika kita menuliskan penjumlahan pada umumnya. Hanya saja penjumlahan pada Excel untuk sama dengan (=) di tempatkan pada awal penjumlahan karena sama dengan (=) disini merupakan Formula/Rumus Excel. Misalkan kita akan menjumlahkan angka 5, 10, 15, 20, 25 maka rumus yang kita gunakan adalah:
=5+10+15+20+25
Namun, apabila angka 5, 10, 15, 20, 25 berada di dalam cell atau range Excel, misalnya B2, B3, B4, B5, B6 maka rumus penjumlahan yang kita gunakan adalah:
=B2+B3+B4+B5+B6

  • Penjumlahan menggunakan fungsi SUM
Penjumlahan di Excel juga bisa menggunakan fungsi SUM selain operator plus (+). Fungsi SUM justru sering digunakan dari pada operator plus (+) oleh para pengguna Microsoft Excel karena lebih praktis.
Misalkan saja terdapat angka pada range B2 sampai dengan B6 yang akan di jumlahkan, maka rumus yang digunakan adalah:
=SUM(B2:B6)
Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Pengurangan

Dalam penggunaan rumus pengurangan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pengurangan, mungkin karena dalam pengurangan biasanya tidak melibatkan banyak data.

Cara menggunakan rumus penguarangan di excel cukup sederhana, sama halnya seperti penggunaan rumus penjumlahan yang mana sama dengan (=) di tempatkan di awal. Untuk melakukan operasi pengurangan di Microsoft Excel cukup menggunakan operator minus (-). Misalkan kita akan mengurangi angka 25 dengan 15 maka rumus yang digunakan adalah:
=25-15
Namun, apabila angka 25 berada di cell B6 dan angka 15 di cell B4, maka rumus pengurangan yang kita gunakan adalah:
=B6-B4
Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Pembagian

Dalam penggunaan rumus pembagian di excel caranya dengan menggunakan operator slash atau garis miring (/). Misalkan kita akan membagi angka 25 dengan 5 maka rumus yang kita gunakan adalah:
=25/5
Namun, apabila angka 25 berada di cell B6 dan angka 5 di cell B2, maka rumus pengurangan yang kita gunakan adalah:
=B6/B2
Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Perkalian

Untuk menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel ada 2 cara, pertama menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua menggunakan fungsi PRODUCT.

  • Perkalian menggunakan operator asterisk atau tanda bintang (*)
Misalkan kita akan mengalikan angka 10 dengan 5 maka rumus yang kita gunakan adalah:
=10*5
Apabila angka 5 berada di cell B2 dan angka 10 di cell B3, maka rumus perkalian yang kita gunakan adalah:
=B2*B3

  • Perkalian menggunakan fungsi PRODUCT
Selain perkalian menggunakan operator asterik (*), Excel juga menyediakan fungsi PRODUCT yang dapat digunakan untuk melakukan perkalian. Misalkan kita akan mengalikan angka 10 dengan 5 maka rumus yang kita gunakan adalah:
=PRODUCT(B2:B3)
Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumus Mencari Rata-rata

Untuk melakukan operasi pencarian rata-rata dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan fungsi AVERAGE. Misalkan kita akan mencari rata-rata dari range B2 sampai dengan B6, maka rumus yang digunakan adalah:
=AVERAGE(B2:B6)
Perhatikan gambar di bawah ini!
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba......

2 comments: