Friday, December 14, 2018

MEMBUAT DAFTAR ISI PADA MICROSOFT WORD


Daftar isi sering digunakan dalam Microsoft Word, terlebih yang memang sedang membuat semisal: makalah, skripsi, jurnal, buku, novel, proposal, dan tugas lainnya yang memang harus mencantumkan daftar isi di dalamnya. Untuk cara membuat daftar isi di Microsoft Word sebenarnya bisa di lakukan dengan cara manual, namun dengan cara manual perataan teks kurang rata sehingga hasilnya pun jauh dari kata sempurna. Maka dari itu untuk artikel kali ini akan dibahas cara membuat daftar isi di Microsoft Word dengan cara yang lebih simple tetapi hasilnya cukup baik.

CARA MEMBUATNYA SEBAGAI BERIKUT :
  1. Membuat daftar isi yang dibutuhkan terlebih dahulu (sesuai kebutuhan). Seperti gambar di bawah ini.

  1. Pilih/block semua teks kecuali judul "Daftar Isi", kemudian pada tab menu  Home,  klik icon menu  Paragraph,  pada kotak dialog yang mucul klik tombol Tabs.


  1. Pada kotak dialog tabs, isikan  tab  stop posisition  :  2 cm, Aligment : Left, Leader : None, kemudian klik tombol Set.

  1. Untuk membuat tabs/perataan yang ke 2,  isikan Tab stop posisition : 15 cm, Aligment : Right, Leader : pilih yang no 2, kemudian klik tombol Set.

  1. Untuk membuat tabs/perataan yang ke 3,  isikan Tab stop posisition : 16 cm, Aligment : Right, Leader : pilih yang no 1, kemudian klik tombol Set dan di akhiri tombol OK.


  1. Kemudian letakkan kursor di depan teks (disini di contohkan pada baris Akhir "Teori C") lalu tekan tombol  Tab sekali.
  2. Setelah itu klik lagi tombol Tab untuk memunculkan tanda (....).
  3. Lakukan cara yang sama untuk meratakan baris teks lainnya. Detailnya bisa di lihat pada gamabar berikut

  1. Jika sudah semuanya tinggal Save daftar isi tersebut.
  2. Selesai.

Demikian Cara membuat Daftar Isi yang simple namun rapih, sehingga bisa dimanfaatkan bagi sahabat yang ingin menerapkannya.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, Jika sahabat menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari solusi segera mungkin. Apabila merasa bermanfaat yang besar silahkan like and share. Terima kasih

4 comments: